Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian FTP Beserta Fungsi dan Cara Kerja FTP - Dibahas Lengkap

Pertukaran data merupakan hal yang penting dalam dunia komputer. Dengan adanya pertukaran data, komputer yang satu bisa terhubung dengan komputer lainnya.

Seperti semisal saat anda men-download suatu file di dunia online, pernahkan anda berfikir bagaimana kita dapat men-download file hal yang demikian? Kemudian saat anda men-upload suatu file, bagaimana proses semua itu dapat terjadi? kesemuanya itu sebab peran dari FTP.

FTP adalah solusi bagi dua buah komputer yang berkeinginan menjalankan transfer data dengan bantuan koneksi intenet. FTP ini betul-betul bermanfaat pun untuk dua buah komputer yang mempunyai cara operasi berbeda. FTP juga bermanfaat untuk mentransfer data antara dua komputer yang jaraknya berjauhan. Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian FTP beserta fungsi dan metode kerja FTP:


Pengertian FTP
File Transfer Protocol atau FTP merupakan protokol dunia online yang diatur guna urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti unggah dan unduh file yang dijalankan oleh FTP client dan FTP server.

Layanan FTP dapat dikontrol menjadi FTP public, dimana seluruh orang dapat mengakses data-data yang ada di server FTP dengan gampang. Kecuali bisa dikontrol menjadi FTP public, layanan FTP ini juga dapat dikontrol supaya tak seluruh orang bisa mengakses data-data yang ada di server, jadi cuma pengguna teregistrasi saja yang mempunyai izin untuk mengakses data-data hal yang demikian.

pengertian FTP yaitu

FTP berkerja menerapkan salah satu protokol yang bisa dipercaya untuk urusan komunikasi data antara client dan server, merupakan protokol TCP (yang menerapkan port nomor 21). Port 21 ini diterapkan untuk mengirimkan command (instruksi). Oleh sebab port 21 dialamatkan khusus untuk mengirimkan command, karenanya port ini kerap kali juga disebut dengan nama command port. Dengan adanya protokol ini, antara client dan server bisa menjalankan sesi komunikasi sebelum pengiriman data berlangsung. Terdapat sebagian prasyarat untuk menerapkan FTP, merupakan :
  1. Pada komputer pengguna telah terinstall FTP Client, seperti semisal FileZilla.
  2. User mempunyai cukup info perihal FTP server yang berkeinginan terhubung dengan komputer. Isu hal yang demikian meliputi :
    • Domisili FTP Server, yang formatnya mirip dengan domisili domain sebuah laman. Domisili FTP Server umumnya dimulai dengan kata ftp, semisal saja : ftp.namadomain.com atau ftp://ftp.namadomain.com. Pada sebagian kasus, domisili FTP Server juga diberi dalam format IP address, seperti semisal : 61.185.225.87.
    • Pengguna dan kata sandi. Sebagian FTP server memang mengizinkan para client mengakses data secara anonim, tetapi sebagian membutuhkan inputan nama pengguna dan kata sandi yang semestinya dikenal oleh client.

Perbedaan antara FTP client dan FTP server?
FTP server adalah server yang bertugas memberikan layanan pengiriman/ tukar menukar data terhadap FTP client dengan prasyarat FTP client semestinya minta (request) terutama dulu terhadap FTP server. Sebuah FTP server bisa berprofesi dengan koneksi aktif ataupun pasif. Pada koneksi aktif, seandainya klien membuka sebuah port, karenanya server secara otomatis terkoneksi dengan aktif. Bila Anda terhubung dengan FTP server secara aktif, karenanya Anda perlu mengendalikan firewall untuk mendapatkan koneksi ke sebuah port yang akan dibuka oleh FTP client. FTP server aktif umumnya menerapkan 20 port sebagai port datanya.
aktif ftp dan passive ftp

Pengertian FTP dan fungsi FTP

Walaupun FTP client adalah komputer/ perangkat yang minta layanan tukar-menukar data terhadap FTP server. Sesudah terkoneksi dengan FTP server, FTP client bisa menjalankan progres unduh, unggah dan lain sebagainya layak dengan izin yang sudah diberi oleh FTP server sebelumnya. Kebanyakan FPT Client memilih untuk menerapkan koneksi pasif secara default, sebab admin server menganggap hal hal yang demikian lebih aman. Dengan menerapkan koneksi pasif, karenanya seluruh koneksi yang diawali dari luar akan seketika terkena blok. Dengan mode pasif, FTP Client lah yang minta server untuk membikin koneksi.

Sebagian model FTP client antara lain coreFTP (Windows), FileZilla (Windows), cuteFTP (Windows), dan CyberDuck (Mac). Sebenarnya, FTP Client hanyalah aplikasi atau tool yang bisa diterapkan untuk mengakses FTP. Terdapat tool lainnya yang bisa diterapkan pula untuk mengakses FTP, diantaranya :
  1. Situs browser : Meskipun hakekatnya tak seperti itu dianjurkan, namun hakekatnya Anda bisa menerapkan FTP pada beberapa besar laman browser.
  2. HTML Editor : Semisal Adobe Dreamweaver yang bisa terhubung dengan FTP sehingga pengguna komputer bisa menjalankan pengeditan laman pada laman server secara seketika.
  3. File Explorer : Anda juga bisa mengakses FTP melewati File Explorer (atau Windows Explorer) dengan terutama dulu mengetikkan domisili FTP servernya.
  4. Fungsi FTP
Fungsi FTP
FTP mempunyai banyak fungsi atau manfaat yang menguntungkan bagi penggunanya, semisal saja :
  1. Kita bisa menjalankan pertukaran file antar komputer dengan gampang, sedangkan file hal yang demikian mempunyai ukuran yang besar.
  2. Bagi pemilik laman, dengan adanya FTP, mereka bisa menjalankan backup laman mereka dengan gampang.
  3. Kita bisa menjalankan indirect ataupun implicit remote computer.
  4. FTP menyediakan transfer data yang reliabel dan efisien, sebab tiap pengguna tak membutuhkan level-level yang kompleks untuk mendapat suatu file atau mentransfer suatu file.
  5. FTP memfasilitasi setiap pengguna untuk menjalankan transfer data secara dua arah. Artinya, seandainya FTP diterapkan dalam sebuah perusahaan, karenanya tiap pemimpin perusahaan cakap mengirimkan file terhadap karyawannya dan sebaliknya, dengan menerapkan server yang sama.
  6. Progress perpindahan data tak akan sirna sedangkan sambungan terputus.
  7. Transer data/file bisa dijalankan dengan gampang dan terorganisir.
Kecuali memiliki manfaat yang besar dalam pertukaran data, FTP juga mempunyai sebagian kekurangan, semisal saja :
  1. Cara FTP telah cukup tua, seandainya seseorang tak mempunyai background IT atau gaptek (orang yang belum terkenal dengan dunia IT), akan sedikit susah untuk menerapkannya.
  2. Bila pengguna tak seperti itu mengerti mengenai FTP, betul-betul gampang untuk menghapus keseluruhan data dengan sekali klik.
  3. Tak bisa merubah kepemilikan dari suatu file.
  4. Tak seperti itu aman sebagai media transfer data sebab tak adanya enkripsi, selain seandainya menerapkan pilihan seperti SFTP.
  5. Bila anda berkeinginan mempunyai FTP server sendiri, anda semestinya mempunyai komputer server sendiri atau menyewa server dengan tarif yang tak murah.

Cara Kerja FTP
Satu-satunya cara yang diterapkan oleh FTP yaitu cara autentikasi standar, dimana dibutuhkan nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server.
cara kerja ftp

Metode yang teregistrasi (mempunyai nama pengguna dan kata sandi) mempunyai jalan masuk penuh pada sebagian direktori-direktori beserta file-file yang ada di dalamnya sehingga pengguna yang teregistrasi hal yang demikian bisa membikin, menyalin, memindahkan atau pun menghapus direktori-direktori hal yang demikian.

Sistem Metode FTP
Sistem kerja FTP dalam menjalankan pertukaran data

Untuk metode kerjanya, secara lazim terutama dulu FTP client semestinya minta koneksi terhadap FTP server, seandainya telah terhubung dengan FTP server karenanya FTP client bisa menjalankan pertukaran data seperti unggah dan unduh data. FTP bisa berprofesi dalam mode aktif dan mode pasif, yang memutuskan bagaimana koneksi data terwujud. Pada kedua mode, client membikin sebuah kontrol TCP dari port N menuju FTP server port 21.
  1. Pada mode aktif, client mulai menyimak koneksi data yang datang dari server pada port M. Kemudian client mengirimkan FTP command port M untuk menginfokan terhadap server, port mana yang semestinya disimak. Serverk emudian menginisiasi channel data terhadap client dari port 20/ port FTP server.
  2. Dalam keadaan saat client berada di balik firewall dan tak cakap mendapatkan koneksi TCP yang datang, bisa diterapkan pasif mode. Dalam mode hal yang demikian, client menerapkan kontrol koneksi untuk mengirimkan instruksi PASV terhadap server, kemudian mendapatkan domisili IP server, domisili server, dan nomor port server.

Adakah pilihan lain untuk berbagai-jenis file?
Kecuali FTP, ada sebagian aplikasi lain yang diterapkan untuk berbagi atau transfer data, seperti Dropbox, Google Drive atau dapat juga menerapkan OneDrive. Antara FTP dan ketiga aplikasi hal yang demikian mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti :
  1. Lalu lintas jaringan : FTP atau SFTP menjalankan enkripsi kepada lalu lintas jaringan menerapkan SSL/TLS/SSH, sementara ketiga aplikasi hal yang demikian cuma bisa menjalankan enkripsi menerapkan SSL/TLS.
  2. file : Pada FTP, sebuah file tak mungkin dihapus menerapkan komputer atau perangkat elektronik lainnya yang sirna. Sementara ketiga aplikasi hal yang demikian, file bisa dihapus dari perangkat yang sirna dengan menerapkan peniadaan jarak jauh (remote delete).
  3. Verifikasi dua langkah : Untuk FTP, perlu software pihak ketiga untuk menjalankan verifikasi 2 langkah, sementara pada ketiga aplikasi hal yang demikian ada yang telah terdapat fitur verifikasi dua langkah dan dapat anda pakai kapan saja tanpa perlu menginstal software pihak ketiga.
  4. Server : Bila pada FTP server semestinya diamankan dan dirawat oleh pakar IT, pada ketiga aplikasi hal yang demikian, pengguna tak perlu memusingkan keamanan dan pemeliharaan server (seluruh telah dikontrol oleh aplikasi yang bersangkutan).
Itulah pengertian FTP beserta fungsi dan metode kerja FTP yang dibahas komplit. Jadi FTP adalah protokol yang diterapkan untuk kebutuhan transfer/ tukar-menukar data antar komputer (client dan server), dimana dengan adanya FTP, kita dapat menjalankan unggah dan unduh file dengan gampang.

FTP mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam hal menjalankan pertukaran data. seperti itu, hingga dikala ini masih banyak orang yang menerapkan FTP sebab dianggap lebih reliabel dan efisien.

Posting Komentar untuk "Pengertian FTP Beserta Fungsi dan Cara Kerja FTP - Dibahas Lengkap"