Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kabel UTP Beserta Fungsi dan Jenis Kabel UTP (Lengkap)

Buat anda yang berkiprah dalam dunia IT terpenting pada jaringan komputer, tentu telah tak asing lagi dengan yang namanya kabel UTP.

Kabel ini acap kali dipakai untuk mengaitkan sebuah komputer dengan komputer lainnya via sebuah perangkat jaringan. Tak cuma itu, kabel ini juga acap kali dipakai untuk mengaitkan dari komputer ke perangkat jaringan yang lain seperti router dan switch.

Dalam tulisan berikut ini, kami akan membahas secara mendetail mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kabel UTP, mulai dari pengertian kabel UTP beserta fungsinya, ragam-jenisnya, kategorinya hingga dengan karakteristik dari kabel UTP.

Pengertian Kabel UTP
UTP yakni singkatan dari Unshield Twisted Pair. Cocok namanya “Unshield”, yang berarti kabel ini tak dilengkapi dengan pelindung alumunium sehingga ragam kabel ini kurang bendung dengan interferensi elektromagnetik, berbeda dengan saudaranya STP (Shield Twisted Pair). Nama Twisted Pair mengacu pada format dari isi kabel hal yang demikian yang saling berlilitan pada tiap pasang.

Pengertian kabel UTP ialah

Kabel UTP dilengkapi dengan 8 buah kabel dengan warna unik di tiap-tiap kabel, lalu dibentuk berlilitan pada tiap-tiap pasang warna sampai menjadi 4 pasang. Lilitan kabel hal yang demikian berfungsi untuk mengurangi induksi dan kebocoran pada kabel.

Tiap-tiap Warna pada kabel mempunyai fungsi yang berbeda. Dari 8 warna kabel UTP, masing-masing mempunyai perannya sendiri, adapun fungsinya, ialah:

Jingga: Kabel warna jingga mempunyai fungsi sebagai penghantar paket data.
Putih-Jingga: Kabel warna putih-jingga mempunyai fungsi sebagai penghantar paket data.
Hijau: Kabel warna hijau mempunyai fungsi sebagai penghantar paket data.
Putih-Hijau: Kabel warna putih-hijau mempunyai fungsi sebagai penghantar paket data.
Biru: Kabel warna biru mempunyai fungsi sebagai penghantar paket bunyi.
Putih-Biru: Kabel warna putih-biru mempunyai fungsi sebagai penghantar paket bunyi
Cokelat: Kabel warna cokelat mempunyai fungsi sebagai penghantar tegangan DC.
Putih-Cokelat: Kabel warna putih-cokelat mempunyai fungsi sebagai penghantar tegangan DC

Fungsi Kabel UTP
Kabel UTP dipakai pada jaringan LAN untuk mengaitkan komputer ke perangkat jaringan atau komputer ke komputer maupun antara perangkat jaringan itu sendiri. Dalam pemakaiannya, kabel UTP mempunyai tata tertib dalam pembentukan kabel menurut kegunannya.

Kecuali itu, fungsi kabel UTP bisa dibagi menjadi lebih spesifik lagi menurut ragam dan kategorinya. Untuk ragam-jenisnya, misal kabel straight-through, kabel cross-over dan roll-over. Walaupun kalau dipandang dari kategorinya, misal Golongan 1 (CAT1) hingga dengan Golongan 7 (CAT7).

Ragam-Ragam Kabel UTP
Adapun ragam-ragam kabel UTP yang perlu anda kenal. Ada yang bernama straight-trough, cross-over ataupun roll-over. Anda dapat menyimak penjelasan mengenai ketiga ragam kabel UTP hal yang demikian dibawah ini:

Kabel straight-through
Untuk kabel variasi straight through mempunyai tata tertib pembentukan yang sama antara ujung konektor yang satu dengan lainnya.

Variasi kabel straight through umumnya dipakai untuk mengaitkan dua perangkat yang berbeda, seumpama antara router dengan switch/hub, komputer ke switch dan komputer ke hub. Adapun urutan kabel straight through sebagai berikut:
konektor kabel stright

kabel Straight

Kabel cross-over
Untuk kabel variasi crossover mempunyai tata tertib pembentukan yang berbeda antara tiap-tiap ujung konektor. Variasi cross over umumnya dipakai untuk mengaitkan dua perangkat yang sama.

Contohnya antara komputer dengan komputer, router dengan router, switch dengan switch, hub dengan hub. Adapun urutan kabel cross over sebagai berikut:

kabel utp cross over

kabel Cross


Kabel roll-over
Dan yang terakhir ialah kabel variasi roll over. Kabel variasi roll over mempunyai tata tertib pembentukan terbalik antara ujung konektor satu dengan ujung konektor lainnya.

Kabel variasi roll over dipakai untuk mengaitkan dua perangkat jaringan yang berbeda, hampir sama dengan variasi straight through tapi variasi kabel ini lebih terhadap mengaitkan perangkat yang mempunyai konsol, seumpama switch dengan printer, switch dengan proyektor. Adapun urutan kabel roll over sebagai berikut:

Pengertian kabel UTP - kabel rollover

Golongan Kabel UTP
Kabel UTP di kelompokan menerapkan istilah Category atau umum kita menyebutnya CAT. Kabel UTP diklasifikasikan menurut mutu transmisi data yang tersedia. Kian tinggi kategorinya karenanya kian pesat transmisi data yang dijalankan. Di antara seluruh golongan kabel UTP, kabel CAT5e dan CAT5 yakni yang paling populer yang banyak dipakai pada jaringan Ethernet.

Golongan 1 – CAT1
Kabel UTP dengan golongan 1 yakni kabel dengan mutu transmisi terendah ialah sebesar 1 Mbps. Kabel dengan golongan ini cuma menyokong komunikasi bunyi analog saja sehingga kurang sesuai untuk cara modern ketika ini. Kabel CAT1 dulunya dipakai pada tahun 1983 untuk mengaitkan telephone analog Plain Old Telephone Service (POTS).

Golongan 2 – CAT2
Kabel UTP golongan 2 mempunyai kecepatan transmisi data sampai 4 Mbps. Kabel dengan golongan ini sudah menyokong data dan bunyi komputerisasi. Lazimnya kabel ini dipakai pada jaringan dengan teknologi Token Ring oleh IBM, tapi seiring perkembangan jaman kabel variasi ini telah tak sesuai lagi dipakai pada cara modern ketika ini.

Golongan 3 – CAT3
Kabel UTP golongan 3 mempunyai kecepatan transmisi data sampai 10 Mbps dan menyokong komunikasi data dan bunyi komputerisasi. Jikalau ditinjau dari segi perkembangan teknologi Ethernet, kabel CAT3 mempunyai kecakapan yang terendah, sebab memang cuma menyokong jaringan 10BASE-T saja. Lazimnya kabel ragam ini dipakai pada jaringan IBM Token Ring dengan kecepatan 4 Mbps sebagai substitusi CAT2

Golongan 4 – CAT4
Kabel UTP golongan 4 mempunyai kecepatan transmisi data sampai 16 Mbps dan menyokong komunikasi data dan bunyi komputerisasi. Lazimnya kabel ini juga dipakai pada jaringan IBM Token Ring 16 Mbps dan juga disupport pada jaringan Ethernet 10BASE-T.

Golongan 5 – CAT5
Kabel UTP golongan 5 mempunyai kecepatan transmisi data sampai 100 Mbps dan menyokong komunikasi data dan bunyi komputerisasi. Kabel ragam CAT5 ini juga bisa berjalan pada kecepatan transmisi data sampai 1Gbps tapi dengan persyaratan panjang kabel patut lebih pendek dari 100 meter. Lazimnya, kabel ragam ini menyokong jaringan Token Ring, Ethernet (10BaseT) dan Fast Ethernet (100BaseT). Kabel golongan ini yakni kabel yang paling populer yang banyak dipakai pada instalasi jaringan.

Golongan 5e – CAT5e
Kabel UTP golongan 5e ini yakni format peningkatan dari kabel UTP CAT5 dengan kecakapan transmisi data sampai 1 Gbps atau pada kecepatan 10/100/1000Mbps. Kabel ragam ini disarankan pada pemakaian jaringan Gigabit Ethernet, meski kabel UTP CAT 6 lebih disarankan untuk performa yang optimal.

Golongan 6 – CAT6
Kabel UTP golongan 6 mempunyai kecepatan transmisi data sampai 10 Gbps dengan frekuensi komunikasi 250Mhz dan menyokong komunikasi data dan bunyi komputerisasi. Lazimnya kabel ragam ini dipakai pada jaringan Gigabit Ethernet dan 10G Ethernet dengan panjang sampai 55 meter.

Golongan 6a – CAT6a
Kabel UTP golongan 6a ini yakni format peningkatan dari kabel UTP CAT6 dengan frekuensi komunikasi yang lebih besar ialah sebesar 500 Mhz.

Golongan 7 – CAT7
Kabel UTP golongan 7 mempunyai kecepatan transmisi data sampai 10 Gbps dengan frekuensi komunikasi sampai 600 Mhz dan menyokong komunikasi data dan bunyi komputerisasi. Lazimnya kabel ragam ini dipakai pada jaringan Gigabit Ethernet dan 10G Ethernet dengan panjang sampai 100 meter.

Supaya anda lebih memahami masing-masing golongan pada kabel UTP, anda dapat menyimak tabel dibawah ini:

pengertian kabel UTP dan tabel golongan kabel UTP

Karakteristik Kabel UTP
Terdapat sebagian karakteristik yang dimiliki kabel UTP, ialah :

Komponen dalam terdiri dari 8 buah kabel dengan warna berpasang-pasangan
Setiap pasang warna dililit sehingga menjadikan 4 pasang kabel
Tak mempunyai pelindung (shield)
Optimal panjang kabel yang dianjurkan ialah 100 meter
Menerapkan konektor RJ-45
Kecepatan transmisi sampai 1000 Mbps
Mempunyai impedansi sekitar 100 ohm

Itulah tulisan mengenai pengertian kabel UTP yang coba kami bahas secara komplit dan mendetail. Dengan tulisan diatas, diinginkan anda bisa memahami hal-hal mengenai kabel UTP, mulai dari fungsi, ragam-ragam, golongan hingga dengan karakteristik dari kabel UTP.

Posting Komentar untuk "Pengertian Kabel UTP Beserta Fungsi dan Jenis Kabel UTP (Lengkap)"