Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Hal yang Perlu Anda Analisa Sebelum Membangun Server


Berbincang-bincang mengenai server, mungkin yang terdapat pada benak pikiran anda bahwa server yaitu sebuah komputer yang mempunyai spesifikasi yang betul-betul tinggi. Pendapat hal yang demikian tidaklah salah, mengingat server pada biasanya beroperasi dengan berat dibanding komputer jenis lain. Untuk membangun server, anda harus menganalisis sebagian unsur yang seharusnya perlu anda lakukan sebelum membangun sebuah server. Berikut sebagian hal yang perlu kita analitik  sebelum membangun server :
6 Hal yang Perlu Anda Analisa Sebelum Membangun Server


1. Aktifitas Bisnis yang Dikerjakan
Tuntutan pertama yang perlu anda analitik  ialah aktifitas bisnis yang akan dijalankan server. Kita seharusnya memutuskan seberapa berat aktifitas yang akan dijalankan server. Apakah server akan beroperasi sangat berat, sedang atau ringan ? Jika anda telah memutuskan aktifitas bisnis yang akan dijalankan server, kita dapat memutuskan keperluan hardware yang dibutuhkan oleh server dengan gampang.

2. Pemilihan Hardware
Pemilihan hardware yang ideal yaitu salah satu kunci membangun server yang maksimal. Anda seharusnya benar-benar bijaksana dalam memilih hardware yang akan anda pakai pada server yang sedang anda bangun.

Pastikan anda memilih hardware yang cocok dengan aktifitas bisnis yang akan dijalankan server. Maka disayangkan sekali apabila kita menghabiskan banyak uang untuk membangun server dengan spesifikasi yang betul-betul tinggi meski server hal yang demikian cuma diaplikasikan untuk aktifitas bisnis yang betul-betul ringan.

Dalam hal ini, anda seharusnya betul-betul teliti dalam memilih hardware dikarenakan pemilihan hardware yang kurang ideal akan berakibat pada daya kerja server.

3. Jumlah Pengguna
Banyaknya pengguna betul-betul berpangaruh dalam pembangunan server yang maksimal. Aktifitas bisnis yang ringan mungkin bisa diimbangi dengan spesifikasi server yang rendah, namun bagaimana apabila jumlah penggunanya betul-betul banyak ? Dalam hal ini, pakai rumus sebagai berikut untuk mengatasi situasi sulit hal yang demikian :

Optimal = (total pengguna * rasio aktifitas) * total pengguna

Dari rumus di atas digambarkan bahwa untuk menerima spesifikasi server yang cocok dan maksimal, jumlah pengguna dikalikan dengan rasio aktifitas bisnis yang diperlukan, kemudian dikalikan lagi dengan jumlah pengguna. Jumlah pengguna dan aktifitas bisnis yaitu unsur yang berdampingan dan tak dapat dipisahkan untuk membikin margin antar spesifikasi minimal dan rata-rata operasional.

4. Skalabilitas
Sebuah server seharusnya konsisten berkembang meniru perkembangan teknologi yang akan datang. Spot dari itu, penentuan skema jaringan, pembagian sumber energi yang ideal, dan jatah cadangan yang ideal betul-betul dibutuhkan guna mensupport perkembangan server yang akan kita bangun.

5. Titik Penyebaran
Sangat lokasi pengguna yang mengakses server cuma terdapat pada satu lokasi saja, mungkin satu server saja telah cukup. Pilihan bagaimana apabila lokasi pengguna yang mengakses server bertebaran di lokasi yang berbeda-beda yang tak bisa dijangkau oleh server?

Untuk mengantisipasi hal hal yang demikian, dibutuhkan server sekunder. Dengan membikin server sekunder, penyampaian info/ data pada pengguna yang letaknya betul-betul jauh dari server utama akan lebih terjamin. Maka lain yang dapat dijalankan untuk menanggulangi hal hal yang demikian merupakan dengan meningkatkan media pengiriman data seperti memakai media berkecepatan tinggi, teladan : kabel fiber optik.


6. Software
Seperti yang kita tahu bahwa hardware dan software yaitu dua hal yang tak dapat dipisahkan. Hardware tak bisa berprofesi tanpa software, dan sebaliknya. Pemilihan software yang ideal betul-betul berimbas pada daya kerja server yang akan kita bangun nanti. Pilihlah software yang menawarkan jaminan, kehandalan serta keamanan yang memadai. Sungguh petaka besar jikalau server yang melayani ribuaan malah jutaan pengguna down atau mati. Spot dari itu, untuk meminimalisir hal hal yang demikian dibutuhkan software yang benar-benar berkwalitas.

Intinya, analitik  kepada keperluan server seharusnya dijalankan sebelum anda hendak membangun sebuah server. Untuk membangun server yang cocok dan maksimal, server seharusnya disesuaikan dengan sebagian unsur seperti aktifitas bisnis, jumlah pengguna dan unsur lain yang telah aku bahas di atas.

Posting Komentar untuk "6 Hal yang Perlu Anda Analisa Sebelum Membangun Server"