Mengenal Sortcut keyboard dan fungsi - fungsi dalam Blender

Lumbung Guru Sumber Segala Informasi Desain Grafis - Animasi - Pemrograman dan Blog

Minggu, 22 Februari 2015

Mengenal Sortcut keyboard dan fungsi - fungsi dalam Blender


بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على سيدنا محمد واله وصحبه وسلم


Sebelum lebih lanjut belajar membuat sebuah object 3D maka kita harus mengetahui dulu  mengenai  beberapa fungsi mouse serta sortcut-sortcut menggunakan keyboard untuk memudahkan kita dalam membuat object 3D menggunakan Blender.
Ini dia Sortcut dan fungsi-fungsinya.
 
Fungsi Mouse :
- Klik Kanan : Seleksi Objek
- Scroll : Zoom in / Zoom Out
- Klik Scroll seret mouse : Melihat objek dari berbagai sudut
- Scroll + Shift = Menggeser Layar ke Atas dan Ke Bawah
Fungsi Keyboard :
- Tab : Menggati Mode
- Ctrl + Tab : Mengganti Jenis Mode Mesh (Vertex, Edge, Face)
- Ctrl + R : Menambah garis vertex
- CTRL + ALT + Q : membagi 4 layar
- G (Grab) = menggeser objek 
- g + x : menggeser objek arah horizontal
- g + y : menggeser objek searah sumbuh y
- g + z : menggeser objek arah vertikal

- S (Scale) : Memberbesar Objek
- s + x : memperbesar objek arah horizontal
- s + y : melebarkan objek searah sumbuh y
- s + z : memperbesar objek arah vertikal
- r (rotate) : memutar obyek
- r + x : memutar obyek pada sumbu x
- r + y : memutar obyek pada sumbu y
- r + z : memutar obyek pada sumbu z
- A : seleksi semua / menghilangkan seleksi
- B : Seleksi objek dengan mode kotak
- C : Seleksi Objek dengan mode bulat
- Z : Mengubah View Port Shading
- X : Delte Objek
- Shift + B + Seleksi = Memperbesar Objek di bagian tertentu
 
Selain Itu ada beberapa istilah yang umumnya digunakan dalam membuat obyek 3D yaitu antara lain:
1.       vertex : menyeleksi dari sisi sudut
2.       edge : menyeleksi dari tepi garis
3.       face : menyeleksi dari tengah titik
4.       edit mode : mode yang digunakan untuk mengedit vertex, edge, dan face pada sebuah object
5.       object mode : mode object secara utuh.
6.       Render : melihat hasil gambar.
7.       Material : untuk pewarnaan
8.       Texture : untuk menambahkan texture.
Mungkin cukup itu dulu yang perlu diketahui untuk dapat memulai membuat sebuah object. Silahkan di coba-coba dan lihat bedanya. Banyak mencoba pasti banyak tahu. :)
Share :
Facebook Twitter Google+

Silahkan tinggalkan pesan untuk artikel kami

 
Pengertian Topologi Jaringan