Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal dan Hexadesimal


بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على سيدنا محمد واله وصحبه وسلم

Pada materi sistem komputer sebelumnya kita sudah mempelajari Gambaran sistem bilangan, Jenis-jenis simtem bilangan akan tetapi belum membahas mengenai konversi bilangan. Oleh karena itu lumbung guru kali ini akan membahasnya pada ulasan berikut ini

Konversi Bilangan Desimal
Konversi Bilangan Desimal Ke Biner
Konversi bilangan desimal ke biner merupakan suatu proses mengubah bentuk bilangan desimal kedalam bentuk bilangan biner. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengkonversi bilangan desimal ke biner. Berikut caranya :

  1. Cara yang pertama, yaitu dengan membagi bilangan desimal dengan nilai 2 (basis). Cara ini merupakan cara yang sering digunakan oleh banyak orang. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak contoh dibawah ini.
    konversi bilangan desimal ke binary

    Nilai bilangan desimal 77 = 1001101 (bilangan biner).
  2. Cara yang kedua, yaitu dengan menjumlahkan atau menambahkan bilangan-bilangan dengan pangkat dua (basis) sampai jumlahnya sama dengan bilangan desimal yang akan dikonversikan.



Konversi Bilangan Desimal Ke Oktal
Konversi bilangan desimal ke oktal merupakan suatu proses mengubah bentuk bilangan desimal kedalam bentuk bilangan oktal, dengan cara membagi bilangan desimal dengan nilai 8 (basis). Untuk memahaminya silahkan kalian simak contoh dibawah ini.
 Konversi Bilangan Desimal Ke Oktal

Nilai bilangan desimal 77 = 115 (bilangan oktal)


Konversi Bilangan Desimal Ke Hexadesimal
Konversi bilangan desimal ke hexadesimal merupakan suatu proses mengubah bentuk bilangan desimal kedalam bentuk bilangan hexadesimal, dengan cara membagi bilangan desimal dengan nilai 16 (basis). Silahkan kalian simak contoh dibawah ini untuk lebih jelasnya.
Konversi Bilangan Desimal Ke Hexadesimal

Nilai bilangan desimal 77 = 4D (bilangan hexadesimal)


Konversi Bilangan Biner
Konversi bilangan biner merupakan suatu proses mengubah bentuk bilangan biner kedalam bentuk bilangan lainnya (bilangan desimal, bilangan oktal atau bilangan hexadesimal).


Konversi Bilangan Biner Ke Desimal
Kalian dapat mengkonversi bilangan biner ke desimal, yaitu dengan cara menggunakan bantuan tabel konversi bilangan biner ke desimal dibawah ini.

Contoh konversi bilangan biner 1011100 ke bilangan desimal :

Jadi, nilai bilangan biner 1011100 = 92 (bilangan desimal)


Konversi Bilangan Biner Ke Oktal
Cara mengkonversi bilangan biner ke oktal dapat dilakukan dengan mengkonversi tiap-tiap tiga buah digit biner. Silahkan Kalian simak tabel konversi bilangan biner ke oktal dan contonya dibawah ini.

Contoh konversi bilangan biner 1011100 ke bilangan oktal :

Jadi, nilai bilangan biner 1011100 = 134 (bilangan oktal)


Konversi Bilangan Biner Ke Hexadesimal
Cara mengkonversi bilangan biner ke hexadesimal dapat dilakukan dengan mengkonversi tiap-tiap empat buah digit biner. Silahkan kalian simak tabel konversi bilangan biner ke hexadesimal dan contonya dibawah ini.

Contoh konversi bilangan biner 1011100 ke bilangan hexadesimal :

Jadi, nilai bilangan biner 1011100 = 5C (bilangan hexadesimal)


Konversi Bilangan Oktal
Konversi bilangan oktal merupakan suatu proses mengubah bentuk bilangan oktal kedalam bentuk bilangan lainnya (bilangan desimal, bilangan biner atau bilangan hexadesimal).

Konversi Bilangan Oktal Ke Desimal
Kalian dapat melakukan konversi bilangan oktal ke desimal, yaitu dengan cara mengalikan masing-masing digit bilangan dengan position valuenya. Contoh konversi bilangan oktal 145 ke bilangan desimal :

Jadi, nilai bilangan oktal 145 = 105 (bilangan desimal)

Konversi Bilangan Oktal Ke Biner
Konversi bilangan oktal ke biner dapat dilakukan dengan mengkonversi masing-masing digit oktal ke tiga digit biner. Untuk tabelnya silahkan kalian lihat pada konversi biner ke oktal diatas. Contoh konversi bilangan oktal 145 ke bilangan biner :

Jadi, nilai bilangan oktal 145 = 001100101 (bilangan biner)

Konversi Bilangan Oktal Ke Hexadesimal
Konversi bilangan oktal ke hexadesimal yang pertama harus dilakukan adalah dengan mengkonversikan bilangan oktal terlebih dahulu ke bilangan biner, kemudian baru konversikan ke bilangan hexadesimal. Contoh konversi bilangan oktal 145 ke bilangan hexadesimal.
1. Konversi bilangan oktal ke biner terlebih dahulu :

2. Kemudian konversikan bilangan biner tersebut ke bilangan hexadesimal :

Jadi, nilai bilangan oktal 145 = 65 (bilangan hexadesimal)


Konversi Bilangan Hexadesimal
Konversi bilangan hexadesimal merupakan suatu proses mengubah bentuk bilangan hexadesimal kedalam bentuk bilangan lainnya (bilangan desimal, bilangan biner atau bilangan oktal).

Konversi Bilangan Hexadesimal Ke Desimal
Kalian dapat melakukan konversi bilangan hexadesimal ke desimal, yaitu dengan cara mengalikan masing-masing digit bilangan dengan position valuenya. Contoh konversi bilangan oktal C54 ke bilangan desimal :

Jadi, nilai bilangan hexadesimal C54 = 852 (bilangan desimal)

Konversi Bilangan Hexadesimal Ke Biner
Konversi bilangan hexadesimal ke biner dapat dilakukan dengan mengkonversi masing-masing digit hexadesimal ke empat digit biner. Untuk tabelnya silahkan kalian lihat pada konversi biner ke hexadesimal diatas. Contoh konversi bilangan hexadesimal C54 ke bilangan biner :

Jadi, nilai bilangan hexadesimal C54 = 110001010100 (bilangan biner)

Konversi Bilangan Hexadesimal Ke Oktal
Konversi bilangan hexadesimal ke oktal, yang pertama harus dilakukan adalah dengan mengkonversikan bilangan hexadesimal terlebih dahulu ke bilangan biner, kemudian baru konversikan ke bilangan oktal. Contoh konversi bilangan hexadesimal C54 ke bilangan oktal.
1. Konversi bilangan hexadesimal ke biner terlebih dahulu :

2. Kemudian konversikan bilangan biner tersebut ke bilangan oktal :

Jadi, nilai bilangan hexadesimal C54 = 6124 (bilangan oktal)


Materi Sistem Komputer Kelas X Semester Ganjil/Gasal Kurikulum 2013

Posting Komentar untuk "Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal dan Hexadesimal"