Membuat Kursi 3D dengan Blender

Lumbung Guru Sumber Segala Informasi Desain Grafis - Animasi - Pemrograman dan Blog

Minggu, 22 Februari 2015

Membuat Kursi 3D dengan Blender


بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على سيدنا محمد واله وصحبه وسلم




Sebelumnya kita kan sudah belajar bagaimana cara menggambar gelas cantik. Nah kali ini kita langsing belajar membuat object 3D lainnya. Ikuti langkah-langkahnya.... :)
  1. Buka blender maka akan muncul object balok, camera dan lampu, sebelumnya kita harus mengetahui kegunaan 3 benda tersebut, pertama lampu berguna untuk penerangan obyek ketika di render, balok sebagai object 3D dan camera untuk mengambil gambar sebuah object ketika di render.
  2. Untuk membuat kursi pertama kita pipihkan dulu balok yang sudah ada dengan cara tekan tombol pada keyboard “S” kemudian “Z”. 
  3. Kemudian putar view kita dengan cara klik view --> bottom dan perbesar dengan cara putar scrol pada mouse ke arah depan.
  4. Kemudian buat kotak-kotak kecil di masing masing sudut balok dengan cara ubah dulu dari object mode menjadi edit mode, dengan cara tekan tombol “Tab” kemudian tekan “Ctrl+r” untuk menambakan sebuah garis secara horisontal atau vertikal. (gerakan mouse lalu klik kiri lalu drag sesuai yang kita inginkan) buat empat garis sehingga menjadi :
  5. Kemudian ubah Mesh select mode menjadi face dengan cara tekan tombol “Ctrl+Tab” kemudian pilih face, setelah itu select kotak kecil di keempat sudut dengan cara klik kanan+Tombol Sift, pada masing-masing kotak,

  6. Setelah semua terseleksi tekan “E” pada keyboard dan seret mouse dengan panjang yan sesuai dengan keinginan kamu.


  7. Kemudian select 2 kotak kecil di bagian atas buat sandaran kursi dan lakukan hal yang sama dengan langkah no.6.

  8. Kemudian buat garis bantu seperti pada langkah. Untuk membuat sandaran.

  9. Ubah Mesh select mode menjadi edge (no.5). kemudian select line belakang yang dalam. (lihat gambar) kemudian tekan “F” maka akan garis garis yang kita select akan terhubung dengan sebuah face baru. Dan ulagi ini pada bagian yang mau di tutup. Contoh :


  10. Untuk mewarnai tinggal ubah jadi object mode (tekan “Tab”) kemudian pilih material dan pilih warna.


Untuk selanjutnya tergantung kreatifitas kita hehe. ini dia gambar pertama saya. Jangan di tertawain ya sama-sama baru belajar. Hehe,, 
 
Share :
Facebook Twitter Google+

Silahkan tinggalkan pesan untuk artikel kami

 
Pengertian Topologi Jaringan