Posting Artikel di Blog Versi Baru

Lumbung Guru Sumber Segala Informasi Desain Grafis - Animasi - Pemrograman dan Blog

Rabu, 13 Juni 2012

Posting Artikel di Blog Versi Baru

Cara Mengisi Postingan Blog di Blogger

Demi mempermudah penulis untuk menulis atau mengisi postingan di blog, maka blogger telah memperbaharui halaman antar muka untuk penulis, karena pada saat pertama kita membuat blog kita akan menemukan halaman antarmuka blog yang lama, oleh karena itu carilah kata Coba Antar Muka Blogger Yang Diperbaharui dan Kemudian klik disitu, maka kita akan masuk pada halaman antarmuka blogger yang telah diperbaharui.
Setelah halaman antar muka blogger telah diperbaharui maka untuk menulis isi postingan blog, kita tinggal klik pada tombol yang berwarna oranye dan bergambar pensil, maka kita akan mendapatkan tampilan untuk mengisi postingan kita.
Di tampilan halaman untuk mengisi postingan ada namanya Judul Entri yang akan digunakan untuk mengisi judul postingan kita, untuk itu isilah judul postingan tersebut disesuaikan dengan isi yang akan kita buat, dan perlu di ketahui judul adalah salah satu hal yang berpengaruh pada kemajuan blog kita, karena dengan judul postingan orang-orang akan menemukan blog teman-teman melalui alat search engine google, jadi buatlah judul yang menarik yang banyak di cari orang dengan menggunakan kata-kata yang singkat dan tidak terlalu panjang tapi mengena pada apa yang diinginkan orang.
Setelah kita sudah menentukan judul dari pada blog, maka kita akan mulai membuat tulisan nah di sinilah dibutuhkan jari-jari kita untuk mengetik beberapa kata atau kalimat untuk kita bagikan secara umum melalui internet, nah untuk mengetik postingan kita akan diberikan kolom yang besar untuk mengisi kata atau kalimat kita yang hasilnya nanti seperti yang telah teman-teman baca saat ini.
Selain itu blogger juga menyediakan sarana untuk mengedit isi postingan teman-teman, seperti mengisi gambar, mempertebal huruf, mengganti warna tulisan, dll seperti yang teman-teman lihat saat ini, selain itu ada juga cara pintas untuk mengatur tulisan postingan yakni sebagai berikut :
  • control + b = Menebalkan
  • control + i = Memiringkan
  • control + l = Blockquote (khusus saat berada pada modus HTML)
  • control + z = Mengurungkan
  • control + y = Mengulangi
  • control + shift + a = Menautkan
  • control + shift + p = Pratinjau
  • control + d = Menyimpan sebagai Draf
  • control + s = Memublikasikan Entri
  • control + g = Transliterasi bahasa Hindi

Selain itu di sebelah kanan kotak pengisian postingan teman-teman, ada yang namanya Label, Jadwal, Lokasi, Uraian Penelusuran, dan Pilihan. Nah fungsi daripada beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :
Label :
Ketika kita membuat sebuah blog kita dapat menentukan isi postingan kita dengan label, seperti kalau judul blog kita adalah Kisah hidupku, maka kita dapat membuat label postingan seperti ini contohnya, label satu berisi tentang hal-hal yang menarik, label dua berisi tentang hal-hal yang tidak menarik, sehingga kita dapat membuat label seperti ini kisah senang dan kisah sedih. dengan demikian orang yang berkunjung ke blog teman-teman akan mudah mencari kisah hidup teman-teman yang berisi hal-hal menarik tanpa membaca kisah hidup teman-teman yang berisi hal-hal yang kurang menarik.
Jadwal :
Ketika teman-teman membuat postingan pasti akan ada waktu kapan postingan itu diterbitkan, maka ada yang namanya jadwal untuk mengatur tanggal dan waktu postingan. untuk itu tanpa perlu banyak mengutak atik sebuah jadwal pilihlah jadwal dengan pilihan otomatis sehingga temant-teman tidak susah-susah menentukan waktu japan postingan diterbitkan.
Lokasi :
Nah kalau untuk lokasi, tentunya untuk memberitahukan kepada teman-teman pembaca setia, dimana sih, tempat teman-teman membuat isi postingan ini? sehingga blogger menyediakan tempat untuk mengisi lokasi teman-teman sekalian.
Uraian Penelusuran :
Hal yang satu ini berfungsi untuk menampilkan uraian dari postingan blog teman-teman pada saat ada yang menemukan blog teman-teman di search engine google, sehingga ini dapat digunakan untuk perkembangan blog teman-teman sekalian. jadi isilah uraian dengan hal-hal sekilas tentang isi postingan blog teman-teman atau dapat juga di kopi dari isi postingan teman-teman dengan cara memblog isi postingan teman-teman yang telah diketik kemudian klik kanan dan Copy terus di Paste ke Uraian Penelusuran.
Pilihan :
Ini di gunakan untuk mengatur cara teman-teman membuat postingan, untuk ini saya rasa tidak perlu di utak atik karena nanti kita bahas pada pengenalan berikutnya.
Untuk perkembangan blog teman-teman, teman-teman juga dapat menggunakan Insert Jump Break yang berada di bagian tool edit entri yang bergambar kertas yang sobek. maka isi postingan teman-teman akan terpotong ketika ada orang yang berkunjung ke blog teman-teman sehingga itu akan meningkatkan penayangan blog teman-teman ketika mereka klik read more>>.
Ketika selesai membuat postingan atau masih ingin mencari bahan lain tinggal langkah terakhir yakni Publikasikan, Simpan, Pratinjau, Tutup, yang penjelasannya sebagai berikut :
Publikasikan :
Ketika teman-teman selesai mengisi kata-kata / kalimat / paragraf ke dalam isi posingan maka tombol ini berfungsi untuk membagikan isi postingan teman-teman yang telah teman-teman buat.
Simpan :
Jika teman-teman masih belum menyelesaikan isi postingan dari teman-teman, maka teman-teman dapat menyimpan postingan teman-teman tanpa mempublikasikan isi postingan kepada orang lain, dalam arti disimpan sebagai konsep.
Pratinjau :
Setelah selesai membuat isi postingan teman-teman dapat melihat hasil postingan teman-teman dengan menekan tombol Pratinjau. sehingga kekurangan dari postingan teman-teman dapat terlihat seperti ada kata yang salah atau gambar yang kebesaran dan lain sebagainya.
Tutup :
Berfungsi untuk menutup halaman pengisian entri atau postingan tapi ingat postingan sebelum menutup postingan yang telah dibuat simpanlah terlebih dahulu, tapi secara otomatis blogger juga melakukan penyimpanan. jadi tidak mengapa jika kita tidak sengaja menutup halaman isi entri tersebut. cuman sekedar memastikan kalau isi entri yang telah kita buat susah paya, telah tersimpan.
Share :
Facebook Twitter Google+

Silahkan tinggalkan pesan untuk artikel kami

 
Pengertian Topologi Jaringan